banner header orange

Begini cara mudah menanam daun bawang di rumah

JAKARTA. Anda penggemar berat daun bawang? Daripada terus beli ke pasar, Anda bisa menanam daun bawang sendiri di rumah dengan cara berikut ini. 

Daun bawang, salah satu sayuran yang cukup populer di tanah air. Umumnya, daun bawang dimanfaatkan sebagai taburan atau topping menu makanan seperti soto dan bakso. Selain itu daun bawnag juga kerap dijadikan bahan wajib untuk membuat martabak telor dan telor dadar.

Daun bawang memiliki aroma wangi yang membuat makanan menjadi semakin nikmat.

Faktanya, daun bawang tidak hanya jadi bahan masakan. Dan bawang juga kerab dimanfaatkan sebagai tanaman herbal yang efektif mengobati beberapa jenis penyakit.

Mengutip dari Grid.id, daun bawang mengandung vitamin, anti oksidan, asam folat, serat, dan nutrisi lainnya.

Mengutip dari Intisari.grid.id, Anda bisa membibitkan sendiri daun bawang di rumah. Sangat praktis kan, saat panen tiba Anda bisa menggunakan daun bawang sesuai kebutuhan. 

Membibitkan daun bawang 

Untuk membibitkan daun bawang sendiri, Anda sebaiknya siapkan beberapa bahan yakni daun bawang dan gelas berisi air sekitar 1,5 cm. 

Anda potong daun bawang sekitar 5 cm (dari akar ke batang). Kemudian, Anda masukkan potongan daun bawang tersebut ke dalam gelas berisi air. 

Anda letakkan gelas berisi daun bawang tersebut di tempat yang terkena sinar matahari. Anda ganti air dalam gelas tersebut dua kali sehari. 

Daun bawang berumur lima sampai tujuh hari siap dipindahkan di dalam pot. 

Menanam daun bawang di pot

Anda siapkan media tanam yakni tanah, pupuk organik, dan pot. Anda campur tanah dengan pupuk organik dengan rata lalu masukkan ke dalam pot. 

Anda buat lubang di dalam pot dan letakkan bibit daun bawang tersebut. Anda letakkan tanaman baru daun bawang tersebut di tempat teduh. 

Anda sebaiknya menyiram tanaman daun bawang seperlunya. Anda bisa memanen daun bawang saat berusia 75 hari. 

 

sumber: https://lifestyle.kontan.co.id/news/begini-cara-mudah-menanam-daun-bawang-di-rumah