banner header orange

Tips Mudah Menanam Sayuran di Rumah, Biar Subur dan Bisa Dipanen

Saat ini, tidak sedikit masyarakat yang mulai mencoba menanam sayuran secara mandiri di rumah. Selain memanfaatkan lahan pekarangan yang kosong, menanam sayuran di rumah juga menjadikan lebih ekonomis. Sayuran yang ditanam sendiri juga lebih sehat karena kita tahu tentang kontrol penggunaan pupuk kimia.

Namun, bagaimana cara mudah menanam sayuran agar tumbuh subur dan lebat?

Menanam tanaman seperti biasa tentu membutuhkan perawatan rutin yang konsisten agar tumbuh dengan baik. Pertumbuhan tanaman biasanya dipengaruhi oleh faktor-faktor, seperti kualitas tanah dan air, serta sifat pupuk dan pestisida (jika Anda menggunakannya). Sedangkan beberapa jenis sayuran hijau yang dapat ditanaman sendiri di rumah, termasuk bayam, ketumbar, mint, seledri, sawi, wortel dan yang lainnya.

Kebanyakan jenis sayuran hijau lebih menyukai tanah yang dikeringkan dengan baik, penyinaran matahari sedang dan perawatan teratur. Jadi, simak beberapa tips berikut tentang cara menanam sayuran hijau di rumah dikutip PORTAL JEMBER dari laman Boldsky pada 19 Oktober 2020.

Pemilihan Pot

Beberapa jenis pot yang umum digunakan yakni mulai dari plastik, keramik, hingga logam dan terakota. Namun, Anda harus memilih salah satu yang memungkinkan memiliki fungsi aerasi maksimum.
Pot plastik diyakini memang tahan lama, yang merupakan pot terbaik setelah terakota.
Pilih pot yang memiliki lubang di samping, bukan di bawah, dan jika Anda ingin menempatkan pot di dalam rumah, maka berikan nampan untuk menyertai pot.
Pot yang terbuat dari keramik atau logam memang cantik namun membuat tumbuhan tidak maksimal bernapas. Selain itu, pilih pot yang sesuai dengan ukuran tanaman.

 

sumber: https://portaljember.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-16846686/5-tips-mudah-menanam-sayuran-di-rumah-biar-subur-dan-bisa-dipanen?page=2